Social Icons

08 October 2012

Surat Einstein Yang Mempertanyakan Tuhan Akan Dilelang di eBay

Tulisan tangan Albert Einstein, mengenai tantangan terhadap ide ketuhanan dan catatan tentang menjadi ''yang terpilih'', akan dijual di eBay bulan ini. Surat Einstein ini akan dibuka dengan harga pada US$ 3 juta.

Surat, berjudul God Letter ini dibuat setahun sebelum kematian Einstein. Isinya mengenai pandangan ahli fisika ini tentang agam, kitab suci dan konsep Ketuhanan. Einstein menulis surat itu di Jerman pada 3 Januari 1954 sesuai kepala surat ditujukan kepada filosof Erik Gutkind. Saat itu Einstein usai membaca buku Gutkind Choose Life: The Biblical Call to Revolt.

Menurut lembaga pelelangan Auction Cause, seperti dimuat Guardian, Kamis 4 Oktober 2012, surat itu berisi antara lain tulisan:

The word God is for me nothing more than the expression and product of human weaknesses, the Bible a collection of honourable, but still primitive legends which are nevertheless pretty childish. No interpretation, no matter how subtle, can (for me) change this.

"Kata Tuhan bagiku adalah tidak lebih dari ekspresi dan hasil dari kelemahan manusia, Kitab Suci merupakan kumpulan penghormatann, tapi tetap saja primitif dan sedikit kekanak-kanakan. Tidak ada terjemahan, betapapun bagusnya itu, bisa (bagiku) mengubah ini."

Eric Gazin, presiden Auction Cause, kepada Reuters, mengatakan surat itu sangat penting dengan sejumlah alasan. "Surat ini, menurutku, adalah sangat-sangat bersejarah dan cukup berbudaya karena ini adalah pemikiran pribadi dan privat dari seseorang dengan kecerdasan yang tidak diragukan lagi di abad ke-20 ini."

Gazin menambahkan surat ini adalah, "hal bersejarah yang pernah ada," sejak ia mulai melakukan lelang sejak tahun 2005. "Yang banyak kita ketahui (tentang Einstein) adalah soal ilmu pengetahuan, sama halnya dengan Tuhan dan Yahudi, hal ini juga nyata. Hal itu juga memicu sebuah penelitian lebih lanjut."

Diana L. Kormos-Buchwald, sejarawan dari Institut Teknologi California mengatakan kalau "God Letter" akan sangat berguna bagi mereka yang tertarik dengan Einstein serta pandangannya mengenai agama. "Tidak ada hubungannya di sini. Tapi sejujurnya ada tulisan lain dimana dia memahami perlunya sebuah agama dan tidak menghina. Di sini dia membuat posisinya lebih jelas."

Einstein, yang pernah memperoleh Nobel di bidang Fisika tahun 1921, dibesarkan sebagai seorang Yahudi. Menurut Fox News, surat Einstein tersimpan dalam sebuah ruangan yang suhunya terkontrol. Surat itu terakhir laku terjual dengan harga US$404.000 pada tahun 2008. Kepada Fox, Gazin mengatakan,"surat ini bisa mencapai nilai 3 kali lipat dari harga terakhir." Kabarnya pelelangan akan dimulai 8-18 Oktober 2012 ini.

Sumber: www.livescience.com by Jeanna Bryner