Social Icons

15 September 2012

5 Misteri Penemuan yang Tidak Bisa Dijelaskan oleh Ilmu Pengetahuan




Sering kali manusia jaman sekarang merasa lebih hebat daripada manusia yang hidup di jaman dahulu. Tapi setelah membaca artikel ini, rasanya kita harus merubah sudut pandang kita terhadap mereka. Mereka meninggalkan beragam artefak yang bahkan bisa membuat ilmuwan jaman sekarang garuk-garuk kepala. 





1. Manukrip Voynich


Misteri:
Manuskrip/Naskah Voynich adalah sebuah buku kuno yang telah menggagalkan semua upaya menguraikan isinya. Dan buku itu tidak seperti karya orang iseng dengan dengan beberapa tulisan dalam kertas, karena nyatanya buku itu tertata dengan baik dengan tulisan dan gambar yang konsisten.

Dan nampaknya seperti tulisan dalam bahasa tertentu yang belum pernah diliat sebelumnya. Dan tak seorangpun tahu. 



Mengapa Tak Terpecahkan?



Ahli militer pemecah kode, kriptografer, matematikawan, ahli bahasa, orang-orang yang dibayar untuk menemukan dan menguraikan pola, semuanya angkat tangan, bahkan untuk mengartikan satu kata. 
Para ahli telah berusaha mengusulkan untuk mencari solusi, dari yang masuk akal hingga yang benar-benar diluar logika. Ada yang mengatakan bahwa untuk mengartikannya membutuhkan kunci. Ada yang mengatakan bahwa itu hoax. Beberapa mengatakan itu glossolalia, yang merupakan seni berbicara atau menulis sesuatu yang Anda tidak mengerti, tapi diinspirasikan kepada kita oleh Tuhan atau alien atau apa pun. 


2. Mesin dari Antikythera 


Misteri:
Mesin Antikythera adalah mesin kuno yang rumit yang ditemukan di sebuah kapal karam dekat Yunani yang diperkirakan berasal dari jaman 100 SM. Mesin Antikythera berisi gigi gir dan struktur yang tidak ditemukan dalam alat perangkat lagi selama 1000 tahun sampai kemudian jaman Muslim dan Cina menciptakannya lagi.


Mengapa Tak Terpecahkan?
Hingga sekarang belum ada kesepakatan tentang siapa yang membuat dan mendesainnya. Banyak yang percaya mesin ini berasal dari Yunani. Tetapi sebuah penelitian serius yang diterbitkan mengatakan desainnya berasal dari Sisilia.



Mesin ini selain rumit dan kompleks, digunakan untuk mengetahui posisi astronomi. Masalahnya, pada saat mesin ini dibuat, hukum gravitasi belum ditemukan atau bagaimana benda-benda langit bergerak.

Dengan kata lain, mesin Antikythera tampaknya memiliki fungsi yang tak seorang pun yang hidup pada waktu itu akan mengerti. Dan untuk kegiatan yang umum pada masa itu seperti navigasi kapal, mesin ini masih terlalu kompleks dan rumit.

3. Pipa-pipa Baigong


Misteri:
Di daerah China tidak diketahui pernah dihuni manusia, apalagi industri, ada tiga daratan berbentuk segitiga misterius di atas sebuah gunung yang berisi ratusan kuno pipa besi berkarat yang asalnya tidak diketahui. Beberapa pipa pergi jauh masuk ke dalam gunung. Beberapanya lagi menuju danau air asin di dekatnya. Masih ada pipa di danau, dan lebih masih ada di sebelah timur-barat sepanjang bibir danau. Beberapa pipa dengan besar diameter 40 cm dengan ukuran yang seragam dan ditempatkan dalam pola untuk tujuan tertentu. 

Mengapa Tak Terpecahkan?
Anehnya, pipa-pipa bersih dari puing-puing meskipun berusia ribuan tahun. Hal ini menunjukkan bahwa pipa-pipa ini digali masuk ke dalam tanah, tapi juga mempunyai tujuan tertentu. Padahal gunung ini tidak dapat dihuni oleh manusia? Jadi siapa yang membuatnya?


Seperti biasa, sekeompok orang percaya bahwa pipa-pipa ini adalah lap astronomi kuno atau tempat mendarat kapal-kapal makhluk luar angkasa. Hal ini memungkinkan kerena pipa-pipa mengandung silika seperti halnya yang terdapat di planet Mars. 

4. Bola-bola Batu Raksasa dari Kostarika


Misteri:
Kosta Rika dan daerah sekitarnya tersebar bola batu raksasa. Mereka halus dan bulat sempurna, dan beberapa hampir bulat. Beberapa dari bola-bola itu cukup kecil, dengan diameter beberapa inci, tetapi beberapa di antaranya adalah sampai delapan meter dengan berat beberapa ton.

Bola-bola ini dipahat dengan bentuk bulat sempurna tanpa ada yang tahu siapa pemahatnya. Bola-bola ini ada dimana-mana tanpa ada pola yang jelas.

Beberapa bola telah hancur berantakan oleh penduduk setempat yang berharap menemukan emas, biji kopi, atau bahkan bayi. Beberapa telah dipindahkan, namun ada juga yang terlalu berat untuk bergerak bahkan dengan buldoser.

Mengapa Tak Terpecahkan?
Tak ada informasi yang akurat mengenai bola-bola bulat ini, dan tidak diketahui ada tambang di area tersebut. Bola-bola tersebut ternyata berasal dari bebatuan yang berasal dari gunung berapi. 

5. Baterai dari Baghdad


Misteri:
Baterai dari Baghdad adalah sejumlah artefak yang ditemukan di daerah Mesopotamia yang diduga berasal dari abad-abad awal. 

Ketika arkeolog menemukan baterai, mereka menganggap mereka hanya guci tanah liat tua biasa untuk menyimpan, tapi teori itu dengan berubah karena masing-masing terdapat batang tembaga yang menunjukkan bukti korosi asam. Hal ini berarti bahwa pot mungkin berisi cairan yang akan berinteraksi dengan tembaga dan menghasilkan muatan listrik. Jika benar, mereka telah mendahului mengenai baterai modern beberapa ratus tahun.

Mengapa Tak Terpecahkan? 

Beberapa relief batu disebut "cahaya Dendera" yang menggambarkan apa yang sebagian orang percaya menjadi lampu busur listrik, yang akan memerlukan sesuatu seperti baterai Baghdad untuk dapat menyala. Namun teori itu degera ditolak.

Jenis lebih masuk akal teori yang mengatakan baterai mungkin digunakan untuk menyepuh menyepuh barang dengan emas. Yang lain mengatakan dukun menggunakan baterai untuk mengejutkan orang (memberi kesan mereka memiliki kekuatan mistik).