Social Icons

07 October 2012

Ditemukan, Dinosaurus Seperti Vampire Dengan Taring

Tak semua dinosaurus bertumbuh menjadi predator seperti Tyrannosaurus rex atau raksasa seperti Apatosaurus. Baru-baru ini ilmuwan menemukan dinosaurus kerdil dengan taring seperti vampire dan duri yang tertanam pada kulit seperti landak berkaki dua yang gesit.

Dengan panjang di bawah 60 sentimeter dan seberat kucing (6,8 kilogram), makhluk aneh yang hidup 200 juta tahun lalu ini adalah salah satu dinosaurus terkecil yang pernah ditemukan.

Makhluk kuno ini ditemukan 50 tahun lalu di Afrika Selatan. Dinamakan Pegomastax africanus atau si rahang tebal dari Afrika yang memiliki paruh pendek seperti beo, rahang berukuran 1 inchi, gigi tajam, dan tengkorak yang tak kurang dari 3 inci.

Anehnya, bulu-bulu tersebut menyebar mengikuti kulit. "Ini akan tampak seperti landak berkaki dua," ujar peneliti Paul Sereno, ahli paleontologi di University of Chicago.

Pemeriksaan lebih detail menunjukkan bahwa di balik paruh beo berbentuk sepasang taring yang menusuk di depan dan satu set gigi terselip di bagian belakang untuk mengiris tanaman. "Gigi pada rahang atas dan bawah sepertinya digunakan untuk penajaman diri, seperti gunting," kata Sereno. Sementara, bentuk tengkorak mungkin sudah disesuaikan untuk memetik buah.

Beberapa ilmuwan menyatakan bahwa makhluk itu mungkin mengkonsumsi daging atau setidaknya serangga. Pasalnya, ia memiliki gigi taring tajam yang membesar itu.

Namun dalam studi terbaru, Sereno menyimpulkan bahwa taring makhluk ini tidak untuk memakan daging. "Untuk menggigit dan membela diri. Anatomi mereka adalah kunci untuk memahami evolusi awal kelompok besar pemakan tanaman," ujarnya. Selain itu juga paruh beo itu digunakan untuk memakan biji-bijian dan kacang-kacangan atau bisa jadi untuk memetik buah.

Sumber: http://www.livescience.com by Charles Choi